ENSIKLOPEDIA KINERJA APARATUR NEGARA

Tenaga Honorer Kab. Cianjur Segera Diangkat PNS

Ribuan tenaga honorer di Kabupaten Cianjur, Jabar, dalam waktu dekat segera diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Sebanyak 5500 orang tenaga honorer itu, masuk dalam pendataan dari pemerintah pusat kategori II, kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Cianjur, Yanto Hartono, Jumat (20/4/2012).

Dia mengatakan, saat ini tengah dilakukan verifikasi data tenaga honorer tahun 2010, untuk mengakurkan data yang dimiliki pemerintah pusat atas usulan dari tiap instansi dengan data yang ada di kabupaten.

"Ditakutkan ada ketidak cocokan data, mungkin saja data itu berfluktuasi, contohnya ada yang mengundurkan diri, meninggal dunia, atau bahkan ada yang tidak terdata. Jika kenyataan di lapangan terjadi ketidak cocokan data yang bertanggung jawab adalah kepala sekolah tempat tenaga honorer itu bekerja," katanya.

Dia menjelaskan, berdasarkan data per 1 Januari 2010, jumlah tenaga honorer kategori II yang akan diangkat menjadi PNS tercatat sebanyak 5.500 orang. Sedangkan untuk kategori I telah tercatat sebanyak 65 orang.

Namun kategori II belum bisa diumumkan, tutur dia, karena masih menunggu keluarnya peraturan pemerintah (PP) Nomor 48/2005 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi CPNS.

Sedangkan untuk kategori I, pendataan dilakukan bagi tenaga honorer yang tercatat telah mengabdi dari tahun 2005.

Tenaga honorer kategori II di Kabupaten Cianjur, didominasi guru sukarelawan. Mereka yang termasuk dalam kategori II ini tidak dibiayai APBD atau APBN. (ETO/IV/CJR)